Sunday, January 14, 2024

ILUSTRASI

 kegiatan yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, di mana tujuan utamanya untuk memperjelas, memperkuat, mempertegas dan memperindah cerita tersebut baik dari berita maupun dari pesan. Dalam menciptakan sebuah ilustrasi, seorang perancang grafis tentu akan membutuhkan pemikiran yang kuat guna menggabungkan elemen-elemen desain. Sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan yang lain.

Ilustrasi berasal dari bahasa Belanda (ilustratie) yang artinya hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas. Rata-rata penggunaan ilustrasi ini berupa buku dalam bentuk gambar kartun. Ilustrasi sebagai elemen yang paling tinggi sebagai daya tarik dalam perancangan sebuah buku. Dengan adanya sebuah ilustrasi, akan membantu pembaca berimajinasi sewaktu membaca sebuah buku. Dengan kata lain, makna atau pesan yang ada di dalam buku diharapkan bisa lebih mudah tersampaikan.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilustrasi adalah sebuah gambar untuk membantu memperjelas sebuah buku, karangan dan lain-lain. Kemudian, ilustrasi juga sebagai sebuah gambar, desain atau diagram penghias. Selain itu, dalam KBBI juga mengatakan bahwa ilustrasi adalah sebuah penjelasan tambahan untuk menjelaskan sebuah paparan.

No comments:

Post a Comment

ILUSTRASI

  kegiatan yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, di mana tujuan utamanya untuk memperjelas, memperkuat, mempertegas dan m...